Awas Kanker bisa diam diam menyerangmu! | InoRasi Hidup Sehat Bagian 4

Halo Sahabat Inorasi! siapa nih yang demen banget konsumsi Rokok bahkan sampai sembunyi-sembunyi ?? Bahkan mungkin ada juga nih yang dalam kurun waktu 1 hari saja bisa habis 1 bungkus rokok pada umumnya, Bahkan ada yang LEBIHH!!???? Apakah sahabat Inorasi menyadari bahwa disetiap kemasan rokok terdapat sebuah peringatan atas bahaya merokok?? namun kenapa masih banyak yang tetap mengkonsumsi rokok bahkan dalam jumlah yang besar?

Perlu kita semua pahami, bahwa konsumsi rokok itu bisa sangat fatal untuk diri sendiri bahkan orang lain loh. Pada Bagian 3 dari seri ini, kita akan membahas tentang “Bahaya Merokok”, Baca sampai habis yaa!

Bahaya Rokok

Sebelum membahas lebih jauh tentang Bahaya Rokok Merokok, kita perlu terlebih dahulu mengetahui kenapa merokok bisa berbahaya bagi kesehatan, Hal ini disebabkan karena di dalam sebatang rokok terkandung 4.000 jenis senyawa kimia beracun yang berbahaya di mana 43 diantaranya bersifat karsinogenik, dengan komponen utama nikotin (zat berbahaya penyebab kecanduan), Tar (bersifat karsinogenik), CO (menurunkan kandungan oksigen dalam darah).

Duh ngeri yaa, tapi apa aja sih hal negatif yang ditimbulkan dari merokok? Berikut adalah bahayanya:

1. Gangguan Paru-paru

Merokok pada usia dini dapat menyebabkan masalah kesehatan kronis di masa dewasa. Penelitian menunjukkan bahwa 20 hari merokok pada anak setara dengan dampak 40 tahun merokok pada orang dewasa.

2. Merusak Gigi

Merokok menjadi penyebab utama gangguan kesehatan gigi dan mulut. Hampir setengah dari infeksi di mulut terjadi pada perokok di bawah 30 tahun. Gangguan melibatkan plak, radang gusi, noda gigi, gigi tanggal, dan masalah lainnya.

3. Kecanduan

Kandungan zat Nikotin yang ada dalam rokok menyebabkan kecanduan. Remaja yang terjerumus dalam kebiasaan merokok dapat mengalami kesulitan melepaskan diri dari ketergantungan ini.

4. Risiko Kanker

Merokok dapat meningkatkan risiko kanker pada berbagai organ. Dari mulut, tenggorokan, hingga paru-paru, kanker dapat mengancam kesehatan remaja.

5. Masalah Otot dan Tulang

Penelitian menunjukkan bahwa remaja yang merokok mengalami kepadatan tulang yang rendah, menghambat pertumbuhan dan menyebabkan kerapuhan tulang. 

Itulah beberapa bahay yang disebabkan oleh Rokok. Uuuy mengerikan bukan? Lantas bagaimana cara untuk mengantisipasi bahaya merokok? Berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan:

  • Hindari berkumpul dengan teman – teman yang sedang merokok
  • Yakinlah,bahwa rokok bukan satu – satunya sarana pergaulan
  • Jangan malu mengatakan bahwa diri kita bukan perokok
  • Perbanyak mencari informasi tentang bahaya rokok
  • Hindari sesuatu yang terkait tentang rokok ( sponsor, iklan, poster, rokok gratis )
  • Lakukan hal – hal positif lainnya, seperti : olahraga, membaca atau hobi lain yang menyehatkan

Jadi, itulah beberapa rangkuman singkat tentang Bahaya Merokok dan bagaimana cara mengantisipai bahayanya

Bagaimanakah menurut Sahabat InoRasi sekalian? apakah Merokok itu berbahaya? Mari kita berdiskusi di Kolom Komentar dibawah!

Sahabat InoRasi! Sekian dulu untuk Bagian #4 dari seri “InoRasi Hidup Sehat”

Sampai jumpa di Bagian Selanjutnya!!

Daftar Pustaka

https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-paru-obstruktif-kronik-dan-gangguan-imunologi/cara-menghindari-pengaruh-untuk-merokok

https://ditsmp.kemdikbud.go.id/dampak-negatif-merokok-bagi-remaja/#:~:text=Risiko%20Kanker&text=Dari%20mulut%2C%20tenggorokan%2C%20hingga%20paru,untuk%20menghindari%20risiko%20serius%20ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *