Waktu yang tepat untuk belajar ala InoRasi | Belajar Bareng InoRasi bagian 2

Halo Sahabat InoRasi! Tahun baru telah tiba nih! pastinya semangat baru dan cerita baru juga sudah dimulai. Begitu menyenangkan bukan? setelah beberapa waktu kita semua libur sekolah, pastinya kita semua sudah siap dongg untuk belajar lagi. Berkaitan dengan belajar, Kapan sih waktu yang tepat untuk mempelajari sesuatu? yuk, simak artikel berikut untuk mencari tau!

Waktu yang tepat untuk Belajar

Jadwal belajar efektif merupakan hal yang penting untuk menunjang proses pembelajaran seseorang, namun masih ada yang belum memahami kapankah jadwal belajar yang efektif itu. Jadwal belajar ini memiliki beragai manfaat yang baik jika diolah dan dilaksanakan dengan baik. Manfaat itu terdiri dari:

  1. Menjaga kestabilan Mood,
  2. Menjaga tenaga yang dikeluarkan sehingga tidak mudah lelah, dan
  3. Memaksimalkan hasil belajar.

lalu kapankah jadwal itu bisa dicapai?

1. Pagi Hari

Pada pagi hari sekitar pukul 03:00 – 05:00 merupakan waktu yang baik dan sangat direkomendasikan karena pada waktu tersebut, Otak kita masih dalam kondisi segar dan lingkungan sekitar juga masih mendukung dengan ketenangan. Belajar pada waktu ini bisa membuat kinerja otak kita jauh lebih cepat menurut sebagian besar dari orang dikarenakan mereka yang telah mencoba jangka waktu belajar ini merasa lebih fokus daripada pada waktu lainnya.

Pagi hari sekitar pukul 07:00 – 10:00 juga masih merupakan waktu yang baik, karena umumnya waktu ini sering disebut sebagai jam produktif. Bahkan kegiatan belajar mengajar sampai berkerja pun sering dimulai pada jangka waktu ini.

2. Malam Hari

Untuk sebagian orang, Belajar pada waktu malam merupakan hal yang sangat menenangkan. Sekitar pukul 19:00 – 20:30 masih tergolong waktu umum untuk belajar. Banyak orang telah belajar pada waktu ini karena dianggap lebih santai. Bahkan untuk sebagian kecil dari komunitas di seluruh dunia menganggap bahwa belajar pada pukul 21:00 keatas adalah waktu yang baik. Terlepas dari itu semua, tidur diatas jam 21:00 tidak di rekomendasikan untuk Pelajar karena beresiko untuk mengganggu jam tidur.

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa referensi untuk memulai belajar sesuatu. Pada dasarnya, kapankah waktu belajar yang sesuai itu sangat bergantung pada masing-masing individu berdasarkan kenyamanan dan ketenangannya masing-masing. Setelah ini, diharapkan tidak ada yang berdebat mengenai jadwal belajar kali ini yaa! dan semoga artikel ini bisa membantu Sahabat sekalian untuk menentukan dan mengatur jadwal harian menjadi lebih baik.

Sekian untuk Bagian #2 dari seri Belajar Bareng InoRasi, Sampai jumpa di bagian selanjutnya!!!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *