SMK Negeri 2 Singosari Gelar MPLS 2023-2024, Momentum Bangun Semangat Kekeluargaan Peserta Didik

PEMBUKAAN: Kepala SMK Negeri 2 Malang Sumijah, S.Pd, M.Si, melepas balon dalam pembukaan MPLS, Senin (17/7) lalu.

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) menjadi momentum SMK Negeri 2 Singosari untuk mengenalkan program pendidikan dan pengajaran kepada para siswa baru Tahun Ajaran 2023/2024. Sebanyak 612 siswa baru mengikuti kegiatan yang digelar selama tiga hari sejak Senin (17/7) lalu tersebut.

Para peserta Didik Baru SMK Negeri 2 Singosari

Kepala SMK Negeri 2 Singosari Sumijah, S.Pd, M.Si, mengatakan MPLS adalah momen yang sangat penting dalam perjalanan pendidikan. Dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang sekolah, mengenalkan lingkungan belajar, serta memperkenalkan dengan rekan-rekan sekelas dan guru-guru.

“Penting untuk diingat bahwa MPLS tidak hanya tentang mengenalkan sekolah, tetapi juga tentang membangun kebersamaan, semangat kekeluargaan, dan kerjasama antar peserta didik, serta memahami nilai-nilai yang menjadi dasar pendidikan di sekolah ini,” ucap Sumijah.

MPLS tahun ini juga didesain semenarik mungkin dengan penampilan ekskul dari siswa  kelas 11 dan 12. Beberapa penampilan ekskul seperti menari, bela diri,  Stemdasi Band dan beberapa penampilan ekskul lainnya  juga menjadi hiburan untuk kegiatan MPLS tahun ini.

Selain itu peserta didik baru juga diberi kesempatan menampilkan bakat dan minatnya. Sekaligus mengenalkan tentang konsentrasi keahlian yang menjadi pilihan peserta didik baru. Dengan harapan peserta didik semakin mantap tentang pilihannya sehingga akan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya.

Para siswa juga diberikan sosialisasi tentang anti perundungan dan anti kekerasan. Sosialisasi ini sangat perlu dilakukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan. Dengan begitu akan menumbuhkan kehidupan pergaulan yang harmonis dan kebersamaan antar peserta didik dengan tenaga pendidik, orang tua serta masyarakat. Tindakan ini juga sebagai bentuk pencegahan perundungan di lingkungan anak-anak.

Penanaman serentak MPLS se-Jawa Timur

“Kegiatan MPLS tahun ini kami desain menyenangkan dengan beberapa penampilan dari siswa kelas atas. Sekaligus memberikan pemahaman terhadap siswa tentang cara mencegah anti perundungan dan kekerasan, dengan tujuan agar peserta didik baru merasa nyaman berada di lingkungan sekolah,” terang Sumijah.

Sebelumnya, Senin (17/7) lalu SMKN 2 Singosari mengikuti Apel Pembukaan secara serentak bersama SMK/SMA/SLB Negeri/Swasta se-Jawa Timur. Rangkaian acara kegiatan apel pembukaan MPLS yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa tersebut sangat meriah.

Serta menjadi salah satu kegiatan MPLS yang memorabilia karena bertepatan dengan pemecahan rekor MURI yaitu pembacaan Ikrar, penyerahan santunan anak yatim dan penanaman pohon serentak di seluruh sekolah Se-Jawa Timur.

“SMKN 2 Singosari sangat bangga karena menjadi bagian dari kegiatan MPLS Tahun 2023 di Jawa Timur. Dan turut serta sebagai salah satu sekolah yang melakukan pemecahan rekor MURI, salam Inovasi Raih Prestas,i” terang Sumijah. (hud/imm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *