Sertijab Paskibra : Banyak Perkembangan dan Kami Siap Untuk Mengikuti Banyak Lomba

Foto bersama anggota Paskibra bersama Pelatih (baju berwarana merah) dan Pak Iqbal selaku Waka Kesiswaan (baju berwarna biru)

SMKN 2 Singosari – Paskibra SMKN 2 Singosari atau yang sering dikenal dengan PASKADUSI adalah salah satu organisasi di SMKN 2 Singosari yang saat ini dibina oleh Bapak Senedi Marsiyo M.Pd. Beliau adalah lulusan S2 yang saat ini berdinas di TNI Angkatan Udara yang ada di bagian kemiliteran. 

Bapak Senedi panggilan akrabnya adalah pembina baru PASKADUSI mulai bulan Agustus 2022. Yang sebelumnya pembina nya adalah Bapak Yani. Menurut Bapak Senedi hal terpenting dalam sebuah organisasi adalah kepengurusannya.

“saya belum bisa melihat perkembangan PASKADUSI ini dari tahun ke tahun karena saya baru membina di tahun 2022 tetapi saya mulai memperbaiki di kepengurusannya. Karena kepengurusan itu sangat penting, lalu kerjasama tim juga sangat penting, jadi saya meminta teman – teman didalam pembentukan kepengurusan ini yang diutamakan adalah tim. Karena paskibra itu tidak berjalan sendiri” ujar beliau.

Bapak Sunaedi juga berharap untuk PASKADUSI kedepannya “PASKADUSI harus lebih baik dan lebih maju kedepannya, oleh karena itu saya ingin membentuk 1 tim lomba atau 2 tim lomba untuk mewakili PASKADUSI diluar. Baik itu lomba tingkat Malang raya, atau regional, atau Jawa Timur”

Bapak Senedi Foto Bersama Anggota Paskibra Kelas XII

Erwin Prasetyo Putra Hartono dari kelas XII RPL 1 yang menjabat sebagai ketua Paskibra ( PASKADUSI ) dari bulan Maret tahun 2021 sampai bulan Februari tahun 2023 mengalami banyak perkembangan selama menjabat sebagai ketua.

“Perkembangan selama saya menjadi ketua yaitu mulai dari kemajuan, pertama yang mulanya tidak ada pengibaran untuk 17 an alhamdulillah sekarang sudah ada dan didukung oleh sekolah, kemudian juga izin keluar masuk lomba alhamdulillah lancar, tapi untuk kekurangannya sendiri yaitu kurangnya personil, lalu untuk kesulitan, dari personil sendiri karena kurangnya niat dan tekad dalam berorganisasi”. 

Kemudian Erwin Prasetyo juga bercerita bagaimana perjalanannya menjadi ketua paskibra “Dulu ada namanya seleksi postur, tegap, tegas, tanggung jawab dan kepemimpinan, alhamdulillah semua masuk kriteria ”. 

Erwin pun menjelaskan Tugas utama ketua paskibra, baginya setiap pemimpin harus menjadi contoh bagi anggotanya 

“sebagai pedoman dari semua anggota, sebagai contoh suri tauladan, yang kedua menjadi panutan, apa yang dilakukan anggotanya itu atas izin dari pemimpin , lalu mengayomi , kalau ngga baik ke anggota , nanti anggotanya ngga jadi tidak seru, latihan juga males-malesan , intinya harus loyal kepada semua”. 

Selama dipimpin oleh Erwin Prasetyo ini masih belum ada prestasi , tapi pernah mewakili paskab ( pasukan pengibar kabupaten). 

Penandatanganan Berita Acara Sertijab oleh Erwin Prasetyo sebagai Ketua Lama
Penandatanganan Berita Acara Sertijab oleh Alfa Yudika sebagai Ketua Baru

Alfa Yudika Davin XI EI 1, murid SMKN 2 Singosari yang menjabat sebagai ketua Paskibra ( PASKADUSI ) yang baru dari bulan Februari tahun 2023. Alfa Yudika bercerita tentang perjalanannya sampai menjadi ketua Paskibra yang baru “ dulu saya cuma sebagai anggota, jadi saya yang membantu setiap ada kegiatan mulai dari mengurus proposal, dan lain-lainnya. Itu bisa menimbulkan kepercayaan terhadap senior”.

Kemudian Alfa Yudika juga bercerita untuk planning kedepannya sebagai ketua Paskibra yaitu mengikuti lomba dan latihannya berbeda dari yang dulu.

“Planning saya kedepannya adalah mengikuti lomba yang sebelumnya tidak pernah diikuti karena kurangnya anggota dan  latihannya akan dibedakan dari yang dulu ”. Lalu untuk menghadapi kesulitan yang akan datang selama menjadi ketua, Alfa berkata “ mungkin kerjasama dengan anggota dan bermusyawarah untuk menghadapi masalah ”.

(cristin/ivan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *