Isra’ Mi’raj : Makna Indah Sebuah Perjalanan, Tegakkanlah Shalat sebagai Penguatan karakter Iman dan Taqwa

Foto Bersama Prof. DR. Ir. M. Sasmito Djati, M.Si

SMKN 2 Singosari – Rabu tanggal 22 Februari 2023 SMKN 2 Singosari memperingati isra’ miraj , Isra’ Mi’raj adalah salah satu peringatan umat agama Islam yaitu dua bagian perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad dalam waktu satu malam saja. 

SMKN 2 Singosari juga mengundang salah satu penceramah yaitu Prof. DR. Ir. M. Sasmito Djati, M.Si. Tema materi yang beliau sampaikan adalah “Penguatan Karakter Iman dan Taqwa dalam Peringatan Isra’ Miraj”. Beliau menyampaikan banyak hal mengenai Isra’ Miraj. Mulai dari perjalanan Nabi dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, lalu perjalanan Sidratul Muntaha, kemudian cara memperhitungkan hari Isra’ Miraj, dan lain sebagainya. Banyak sekali ilmu – ilmu dari yang telah beliau sampaikan.

“Isra’ mi’raj adalah perjalanan malam hari. Dari mekah ke masjidil haram, Perjalanan dari Masjidil haram ke Masjidil aqsa hanya 1 malam. Seseorang menanyakan tentang bagaimana ia bisa menuju yerusalem, nabi menjelaskan secara detail perjalanannya. Nabi menjelaskan dua hari yang lalu menunggangi buraq dan melihat rombongan pedagang dan melihat unta lepas. Para pedagang mencari unta tersebut dan akhirnya nabi menyampaikan pada pedagang tersebut untuk mencari unta yang beliau lihat tadi”

Prof. DR. Ir. M. Sasmito Djati, M.Si menyampaikan peringatan Isra’ Mi’raj

Prof. Dr. Ir Sasmito Djati, M.Se melanjutkan dengan menyampaikan kepada siswa-siswi dan seluruh keluarga besar SMKN 2 Singosari yang hadir pada acara Isra’ Mi’raj bahwa makna indah dari perjalanan Nabi adalah solat, maka tegakkanlah shalat dan laksanakanlah.

“Tegakkanlah sholat. Nabi ketika sholat cucunya berada di atas kepalanya dan di saat itu beliau mendengar suara ketukan pintu, namun nabi masih meneruskan sholatnya dgn khusyuk. Di Indonesia 90% muslim. Ada 2,6 juta bayi lahir di gugurkan. Hal ini dikarenakan kasus perzinahan sebelum nikah. Oleh karena itu “tegakkanlah shalat” dan jauhi perbuatan yang munkar”

Al-Banjari SMKN 2 Singosari

Acara yang sangat khidmat tak lepas dari persiapan dari organisasi BDI yang membantu mempersiapkannya. Ketua Organisasi BDI yang bernama Ahmad Thariq juga menjelaskan mengenai persiapan acara Isra’ Miraj.

“Persiapannya cukup baik, kita sudah mempersiapkan dari hari sebelum acara tersebut diselenggarakan. Mulai dari undang pemateri, persiapan Al – Banjari, kemudian persiapan tempat untuk Isra’ Miraj, persiapan dekorasi tempat, dan perlengkapan – perlengkapan lainnya.”

Ketua BDI tersebut juga mengatakan harapan diadakannya acara Isra’ Miraj ini adalah bisa mengembangkan karakter pada siswa siswi terutama pada ketaqwaan.

(nina/cristin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *