Bagaimana cara menjaga diri dari Stress berlebih? | InoRasi Hidup Sehat Bagian 3

Halo Sahabat Inorasi! sebagian besar dari kita pasti sangat familiar dengan kata “Stress” bahkan juga sering merasakannya. Seperti yang kita semua tahu, bahwa Stress merupakan sebuah kondisi dimana seseorang bereaksi secara emosional (mental/psikis) yang di akibatkan dari perubahan tekanan dari lingkungan dimana orang itu berada. Stress sendiri merupakan bagian alami dan juga penting dari kehidupan manusia, tetapi jika hal ini tidak di tangani dengan benar dan dibiarkan menguasai kondisi emosional seseorang, maka hal ini bisa berbahaya dan mengacam kesehatan kita.

Lalu, Apakah ada cara untuk meminimalisir ancaman ini? Pada Bagian 3 dari seri ini, kita akan membahas tentang “Stress Management”, Baca sampai habis yaa!

Apa itu ‘Stress Management?

Stress Management merupakan sebuah metode pengolahan dari kendali emosional yang mengakibatkan Stress.

Menurut Cotton, Smith (dalam Riskha 2012) menerangkan manajemen stres sebagai suatu keterampilan yang memungkinkan seseorang guna mengantisipasi, mencegah, mengelola dan memulihkan diri dari stres yang dirasakan karena adanya ancaman dan ketidakmampuan dalam respon pikiran dan perilaku yang dilakukan.

Sedangkan menurut Munandar (2001) mendefinisikan manajemen stres yaitu usaha guna mencegah munculnya stres, meningkatkan ambang stres dari individu dan menampung akibat fisiologikal dari stres.

Mengaplikasikan Stress Management dalam sehari-hari

Pengaplikasian metode-metode Stress Management sebenarnya memiliki banyak variasi beberapa dari itu adalah:

  1. Jika berada di lingkungan berkerja/belajar, biasanya beban yang ditanggung sangat bergantung pada jumlah orang yang bertanggung jawab di bidang yang dikerjakan. Dari sini, bisa di-implementasikan untuk sistem Kelompok atau Tim yang bertugas untuk mempermudah dan meringankan beban yang akan di tanggung.
  2. Menjaga lingkungan sosial agar tetap di lingkungan yang sehat. Menjauhkan diri dari lingkungan atau kelompok yang membuat diri kita tidak nyaman.
  3. Melatih keterampilan guna meningkatkan level percaya diri seseorang, sehingga pengerjaan sebuah sesuatu akan lebih baik karena kepercayaan diri
  4. Istirahat, Jika dirasa beban yang tengah ditanggung berat maka istirahat merupakan hal yang baik untuk menjaga pikiran dan emosi kita stabil.
  5. Olahraga untuk relaksasi tubuh dan pikiran
  6. Mengerjakan sesuatu yang disuka atau menikmati hobby.
  7. Melakukan Aktivitas menarik, Everly dan Girdano menerangkan, latihan fisik dapat mengurangi timbulnya stres karena aktivitas fisik mempunyai sifat preventif (penghindaran). Selama aktivitas fisik seluruh sistem badan dirangsang untuk bertindak dan bergerak Dan juga bisa membuat aktivitas lainnya seperti tertawa, beristirahat untuk memulihkan tenaga, melalukan relaksasi pada lingkungan yang damai, healing, mendengarkan musik, stretching, bermain game online, dan berlibur dengan keluarga dan teman sejawat.

Jadi, itulah beberapa rangkuman singkat tentang cara mengatasi Stress dan menjaganya di bawah standar stress yang baik bagi diri kita.

Bagaimanakah menurut Sahabat InoRasi sekalian? apakah Stress Management itu penting? atau malah biasa aja nih? Mari kita berdiskusi di Kolom Komentar dibawah!

Sahabat InoRasi! Sekian dulu untuk Bagian #3 dari seri “InoRasi Hidup Sehat”

Sampai jumpa di Bagian Selanjutnya!!

“If only I was wide awake.. there’s more that I can take”

Alan Walker, Putri Ariani, & Peder Elias

Daftar Pustaka

https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/stress/apakah-yang-dimaksud-stres-itu#:~:text=Stres%20adalah%20reaksi%20seseorang%20baik,lama%20dapat%20merusak%20kesehatan%20kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *