Mengapa banyak siswa yang mengantuk saat pembelajaran di kelas? | InoRasi Hidup Sehat Bagian 1

Prolog

Halo Sahabat Inorasi! pernahkah kalian mengantuk saat Pembelajaran di Kelas? Seperti yang kita semua tahu, Mengantuk merupakan sebuah Kondisi dimana tidur adalah suatu hal yang sangat indah. Namun, jika kita mengantuk disaat jam Pelajaran dimulai, pasti hal ini bisa menghambat proses belajar kita.

Oleh karena itu, disini Kita akan mengidentifikasi penyebab atas terjadinya permasalahan ini dan apa langkah yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Penyebab Utama

Sahabat Inorasi Wajib Tahu! Bahwa mengantuk saat jam pelajaran sering terjadi karena beberapa faktor yang disebabkan oleh kebiasaan kita Loh. Contohnya seperti Berikut:

1. Kekurangan Istirahat karena aktivitas berlebih.

“bergadang untuk bermain game”

Siapakah di antara Sahabat Inorasi terjaga hingga larut malam hanya untuk bermain Video Game?

sadar atau tidak, aktivitas tersebut bisa mempengaruhi kualitas energi kita di pagi hari loh! Sehingga kita dengan mudahnya mengantuk saat pembelajaran dimulai. Hal ini bisa terjadi karena kebutuhan tidur kita sebagai manusia belum terpenuhi. Umumnya remaja – dewasa membutuhkan setidaknya 7 – 8 jam tidur dalam sehari. Aktivitas tersebut juga bisa membuat kita cepat bosan dengan pelajaran di sekolah karena efek dari Dopamine yang diberikan melalui gadget.

Cepat bosan & Kurang tidur…. Kombinasi yang sempurna untuk membuat kita mengantuk *sigh!*

2. Kurang Gerak / Berolahraga.

Hayoo! Siapa nih yang Hobi banget buat rebahan?

Rebahan memang se-Chill itu… tapi jika berlebihan juga tidak baik ya!

Perlu kita ketahui bersama bahwa rebahan dengan Jangka waktu yang panjang dan terus menerus juga berdampak pada tenaga yang kita muat loh!

Sama halnya dengan kendaraan bermotor yang mesinnya harus dipanaskan untuk berkerja secara maksimal. Tubuh kita juga memerlukan “Warming Up” untuk menjaga tenaga kita tetap stabil.

3. Pola Sarapan yang kurang tepat.

“sarapan apa-saja yang penting Kenyang! Kenyang! Kenyang!”

Siapa Nih disini kalau sarapan yang penting perut kenyang berangkat?
Hal demikian sangat tidak disarankan yaa….

Mengantuk saat pembelajaran di kelas bisa disebabkan oleh konsumsi makanan cepat saji karena kandungan yang kita dapatkan dari makanan cepat saji ( seperti Mi Instan, nugget, dan Lainnya ) tidak bisa memenuhi kebutuhan tubuh kita.
Tentu saja, masalah tersebut tidak hanya membuat kita mengantuk ketika berada di kelas saja, namun ada banyak masalah kesehatan lain yang akan terpicu dengan kebiasaan diatas seperti stress.

Solusi

Setiap Permasalahan pasti ada Solusi, dan solusi pasti membutuhkan beberapa proses.

Berikut adalah beberapa Solusi untuk mengatasi mengantuk saat pembelajaran dikelas.

1. Mengatur Jadwal Tidur.

“Mengatur Alarm”

Seperti yang sudah kita sebutkan di faktor penyebab pertama sebelumnya, Pastinya kita harus mengatur ulang jadwal Tidur kita untuk memenuhi target ideal untuk tidur selama 7-8 jam. Batasi ativitas yang memubat kita terjaga di malam hari jika hal tersebut bukan sesuatu yang penting dan tidur lebih awal.

2. Olahraga secara rutin.

Biasakan untuk melakukan olahraga secara rutin dan disiplin, setidaknya olahraga ringan setiap harinya. Bantu tubuh kita untuk tetap bergerak! karena produktivitas dan tenaga kita akan berkerja secara maksimal.

Olahraga ringan di pagi hari sangat direkomendasikan untuk menyegarkan tubuh kita!

dicoba yaaa…..

3. Memperhatikan Pola Makan.

Memperhatikan pola makan merupakan hal yang sangat dianjurkan! terutama pola makan untuk sarapan di pagi Hari.

pastikan makanan tersebut memenuhi standar “4 Sehat, 5 Sempurna” agar terjauhkan dari hal yang menghambat produktivitas kita dalam suatu hari.

Jadi, Sekian ya sahabat InoRasi untuk Bagian 1 dari seri “InoRasi Hidup Sehat”

sampai jumpa di Bagian Selanjutnya!!

“Small Act is Better than none, A Little sparks could ignite the sky”

– S

Sumber Referensi

  1. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5846001/siswa-sering-mengantuk-di-kelas-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya
  2. https://www.sekolahypkairkenanga.sch.id/artikel/detail/980966/sering-ngantuk-saat-belajar-kenali-penyebabnya/#:~:text=Kurang%20istirahat%20menjadi%20alasan%20nomor,dari%208%20jam%20selama%20sehari.&text=Sarapan%20yang%20tidak%20tepat%20dapat,sosis%2C%20serta%20frozen%20food%20lainnya.
  3. https://upk.kemkes.go.id/new/lama-waktu-tidur-yang-dibutuhkan-oleh-tubuh#:~:text=Usia%2012%2D18%20tahun%3A%20menjelang,7%2D8%20jam%20setiap%20hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *