Jaksa Goes to School, Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang berikan Sosialisasi “Rumah Restorative Justice” serta Motivasi dan Arahan untuk Peserta Didik Agar Tidak Terlibat Kasus Negatif.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Kab. Malang DEDDY AGUS OKTAVIANTO, S.H., M.H

SMKN 2 Singosari – Kepala Seksi Intelijen Kejari Kab. Malang DEDDY AGUS OKTAVIANTO, S.H., M.H memimpin apel pagi pada Senin, 6 Februari 2023. Kegiatan berlangsung di lapangan Upacara SMKN 2 Singosari, Senin (06/02/2023).

Bapak Deddy menyampaikan kepada kami tentang fungsi dan definisi umum kejaksaan dalam amanatnya. 

“Secara umum kejaksaan adalah sebagai lembaga penuntutan jika terjadi bullying, pencurian, pembunuhan, dan lain – lain. Biasanya peristiwa tersebut akan ditangkap oleh pihak kepolisian lalu diperiksa. Setelah diperiksa kemudian hasil penyidikan dilanjutkan ke kejaksaan. Kemudian di kejaksaan dilakukan pengecekan kembali apakah kasus tersebut benar- benar. Kemudian ke pengadilan untuk di sidangkan.” 

Beliau pun melanjutkan bahwa ada beberapa kasus yang sering terjadi di lembaga pendidikan dan masuk di kejaksaan contohnya :

Bullying : Pelecehan terhadap seseorang yang dilakukan oleh seseorang/kelompok. Bisa lewat verbal, fisik, ataupun media sosial.

Verbal : kalimat kasar, menghina, candaan yang melewati batas

Fisik : melukai, mendorong, memukul, menyandung kaki dengan sengaja, dll

Banyak kasus penggunaan obat – obat an terlarang ( narkoba )

Kepala Seksi Intelijen Kejari Kab. Malang DEDDY AGUS OKTAVIANTO, S.H., M.H

Oleh sebab itu kejaksaan membentuk sebuah badan yaitu “RUMAH RESTORATIVE JUSTICE” yang fungsinya yaitu :

Untuk menyelesaikan berbagai permasalahan hukum di tingkat sekolah dan jika ada permasalahan/konflik bisa ditanyakan disana dan dikonsultasikan

Kepala Seksi Intelijen Kejari Kab. Malang DEDDY AGUS OKTAVIANTO, S.H., M.H

Amanat pada apel pagi ditutup dengan pesan yang ditujukan untuk peserta didik sebagai motivasi dan agar kita tidak terlibat kasus-kasus negatif.

“Jangan sampai kita terlibat kasus – kasus negatif seperti itu (bullying, narkoba, korupsi), karena ini akan merusak masa depan. Dan juga tetap semangat, hormat kepada guru dan orang tua. Karena mereka yang akan menuntun kita ke masa depan yang lebih baik.”

(nina/ivan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *