Sosialisasi dan Workshop Penyusunan Program 2021 dan Revisi Peta Jalan SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) di SMK Negeri 2 Singosari

Pada tanggal 7,8, dan 9 Oktober 2021, secara berkesinambungan diadakan kegiatan sosialisasi dan workshop berkaitan dengan SMK Pusat Keunggulan (SMK PK). Hal ini didasari oleh fakta bahwa SMK Negeri 2 Singosari adalah penerima bantuan SMK PK 2021. Ada dua agenda utama pada kegiatan tersebut yaitu sosialisasi SMK PK kepada seluruh warga SMK Negeri 2 Singosari dan Penyusunan Program 2021 dan Revisi Peta Jalan SMK Negeri 2 Singosari.

                Pada kegiatan sosialisai yang diadakan pada tanggal 7 Oktober 2021, Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Singosari, Ibu Sumijah, S.Pd, M.Si menyampaikan beberapa poin penting. Pertama, SMK PK 2021 merupakan kelanjutan dari program COE (Center of Excellent) sebagai pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu. Selanjutnya, pencapaian sebagai SMK PK harus diperkuat dengan DUDI atau  industri pendamping. Nantinya SMK PK terintegrasi untuk mengimbas ke sekolah lain. Selain daripada itu , ada empat  Prioritas utama (Permesianan & Konstruksi, Ekonomi Kreatif,Prioritas lainnya (kerja sama luar negeri,KEK mairitim dan pertanian) yang berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan Perguruan Tinggi pendamping. Beliau juga menambahkan bahwa SMK di Indonesia yang ditetapkan sebagai SMK PK di sektor ekonomi kreatif jurusan adalah jurusan Animasi. Dalam pelksanaan SMK PK terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap persiapan terdiri dari sosialisasi, seleksi dan penetapan. Tahap Pelaksanaan terdiri dari Bimtek, penyaluran dana, pelaksanaan program pendampingan dan supervisi. Tahap terakhir adalah evaluasi.Untuk pelaksanaan program bantuan non fisik difokuskan pada sosialisasi dan workshop.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah  Kabupaten Malang Bpk. Drs. Arif Khamzah,M.Si. dalam sambutannya juga menyampaikan hal-hal yang mendasar yang ditujukan kepada SMK PK. Pertama yaitu perlumya  komitmen dengan program SMK PK, yang didukung oleh DUDI sebagai mitra dan ada pihak perguruan tinggi selaku pendamping, komite dan pengawas.SMK PK juga  harus mampu mempertahankan program sebelumnya baik SDM serta sarana dan prasarananya. SMK Negeri 2 Singosari nantinya sabagai sekolah pengimbas kepada sekolah lain yang ada di sekitar kita.

                Selanjutnya, pada hari ke-2 dan ke-3 kegiatan difokuskan pada Workshop Penyusunan Program 2021 dan Revisi Peta Jalan SMK PK. Ada tiga narasumber  yang diundang untuk mengisi kegiatan tersebut. Pertama adalah Ibu Fitriana Rakhma Dhanias,SE.,MSA.,Ak. yang merupakan  narasumber  dari Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya Malang . Beliau menyampaikan beberapa poin penting diantaranya adalah tentang  Program SMK PK yang mencakup  Opportunity SMKN 2 Singosari, Interfensi Program SMK PK, 9 Point Paket Link & Match, Rumah Strategi SMK PK, Kriteria SMK PK, Peta Jalan (Road Map) SMK PK dan bentuk pendampingan.

                Narasumber ke-2 adalah Direktur Roundbox Studio yang merupakan partner  DUDI SMK PK. Beliau menyampaikan Point skill set yang diharapkan industri yaitu Pengetahuan fundamental/pengetahuan dasar, Work ethic (bisa menyelesaikan tugas sebelum deadline, masuk mengikuti aturan), Kerja sama (bisa berkomunikasi bahasa inggris, berbagi ide dengan teman satu team),  dan Pengetahuan teknikal (blender,autodesk maya,toonboom).

                Sementara itu narasumber terakhir yang menyampaikan materinya adalah Bapak Masykur Bachtiar Fachrurozi SHI.,MM. yang merupakan Direktur JV PATNER INDONESIA  yang juga partner DUDI SMK PK. Beliau menyampaikan beberapa hal tentang awal berdirinya  JV Patner Indonesia pada tahun 2015 dimana saat itu dimulai trend digital marketing. Pemasaran produk pada JV Patner terdapat skema bagi hasil atau share profit. Pada awal konsentrasi pada pengembangan program berkembang kepada software. Aplikasi yang sudah diproduksi sudah digunakan oleh 33 negara. Kemudian ada aplikasi berbasis aplikasi online dan di franchise ada 12 cabang di malang dan developer aplikasi oleh alumni SMK Negeri 2 Singosari. Selain itu ada content creator yang dapat menerima jurusan animasi dan multimedia. Di bidang animasi untuk memenuhi kebutuhan internal sebagai promosi digital. Pengalaman saat pelaksanaan PKL/magang terdapat dua hal yang dijadikan pertimbangan yaitu hardskill sesuai dengan kompetensi jurusan masing-masing dan upto date dengan perkembangan teknologi masa kini, terkait dengan softskill terkait karakter siswa, bagaimana bersosialisasi, berinteraksi dengan lingkungan, bagaimana berkomunikasi dengan orang lain.

                Selain pemberian sambuatan dan penyampaian materi, juga diselingi oleh tanya jawab dari peserta. Di akhir acara, ditutup dengan sambutan dari Bapak Pengawas SMK Negeri 2 Singosari. Kegiatan ini nanti akan dilanjutkan oleh kegiatan selanjutnya sesuai dengan agenda Sekolah PK.

100 thoughts on “Sosialisasi dan Workshop Penyusunan Program 2021 dan Revisi Peta Jalan SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) di SMK Negeri 2 Singosari”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *