Pelatihan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan di SMKN 2 Singosari : Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter

Malang, 27 Juli 2024 – Sebanyak 684 siswa kelas X SMKN 2 Singosari mengikuti pelatihan bela negara dan wawasan kebangsaan yang digelar di Stadion Dirgantara, Lanud Abdulrahman Saleh, Pakis, Malang. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, yaitu pada Senin dan Selasa, 22-23 Juli 2024, ini dibina langsung oleh tim dari Danlanud Abdulrahman Saleh.

Pelatihan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, kedisiplinan, dan semangat bela negara kepada para siswa. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMKN 2 Singosari, Ibu Sumijah, S.Pd.,M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk membentuk karakter generasi muda yang berintegritas dan memiliki rasa cinta tanah air.

“Kegiatan ini bukan hanya untuk membekali siswa dengan pengetahuan tentang bela negara, tetapi juga untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai warga negara yang baik. Kami berharap, melalui pelatihan ini, siswa-siswi dapat lebih memahami pentingnya menjaga keutuhan NKRI dan siap berkontribusi positif bagi bangsa dan negara,” ujar Ibu Sumi.

Pelatihan ini mencakup berbagai materi, mulai dari teori tentang wawasan kebangsaan dan bela negara, hingga praktek lapangan seperti baris-berbaris. Para siswa terlihat antusias mengikuti setiap sesi pelatihan yang dipandu oleh instruktur berpengalaman dari Lanud Abdulrahman Saleh.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami. Selain menambah pengetahuan, kami juga belajar banyak tentang kedisiplinan dan kerja sama tim. Pengalaman ini pasti akan sangat berguna bagi masa depan kami,” kata Jose, salah satu peserta pelatihan dari kelas X DKV.

Tidak hanya siswa, para guru khususnya tim kesiswaan juga turut serta dalam beberapa sesi pelatihan. Hal ini dilakukan agar guru dapat menjadi teladan dalam mengimplementasikan nilai-nilai yang diajarkan kepada siswa.

Koordinator Pelatihan dari tim Danlanud Abdulrahman Saleh, Kapten (kes) Joko Santoso S. Pd, yang hadir dalam pembukaan pelatihan ini menyampaikan bahwa pihaknya selalu siap mendukung kegiatan-kegiatan positif seperti ini. “Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan dampak positif bagi siswa SMKN 2 Singosari dan mereka dapat menjadi generasi penerus yang kuat dan berkarakter,” ujarnya.

Dengan berakhirnya pelatihan ini, diharapkan siswa-siswi SMKN 2 Singosari tidak hanya menjadi lebih disiplin dan berkarakter, tetapi juga memiliki rasa cinta tanah air yang kuat, serta siap menghadapi tantangan masa depan dengan semangat kebangsaan yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *