Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri

Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri (TEIN) merupakan salah satu kompetensi keahlian unggulan di SMK Negeri 2 Singosari pada rumpun teknologi. Kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri (TEIN) terus mengalami kemajuan dan peningkatan dalam prestasi dan minat peserta didik. Pada tahun ajaran baru 2018/2019, SMK Negeri 2 Singosari menerima siswa baru untuk kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri (TEIN) sebanyak 2 rombel.

Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri (TEIN) mendidik siswa agar mempunyai kemampuan / keterampilan kepada anak didik pada bidang sistem kontrol dan maintenance peralatan industri berbasis electrical control dan micro processor. Kompetensi tersebut meliputi pengetahuan dan keterampilan elektronika umum, mikrokontroller dan mikroprocessor, pneumatic dan PLC, programming berbasis komputer yang erat kaitannya dengan proses produksi di Industri.

Peserta didik Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri (TEIN) SMKN 2 Singosari mampu membuat aplikasi-aplikasi seperti : merancang dan membuat lampu garasi terprogram, kontrol tower air yang tepat guna, alarm pengaman rumah dan berbagai macam aplikasi pemakaian sensor-sensor.

Untuk dapat mencapai lulusan yang berkualitas dan memenuhi target dunia usaha (industri), maka selama tiga tahun para siswa disiapkan fasilitas sebagai berikut : Laboratorium Elektronika Dasar, Laboratorium Elektronika Digital, Laboratorium Microprocessor dan Microcontrollerdan Laboratorim Komputer.

Tujuan Kompetensi Keahlian TEIN
Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri (TEIN) agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri (TEIN).
Kompetensi Lulusan
Kemampuan tamatan program keahlian Teknik Elektronika Kompetensi Teknik Elektronika Industri (TEIN) adalah :

Sebagai tenaga ahli di bidang teknik Elektronika Industri baik lokal maupun berbasis luas
Instalasi peralatan Elektronika industri baik sekala besar, menengah dan kecil
Memperbaiki instrumen elektronika
Prospek Kerja
Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Kompetensi Keahlian Teknik Elektonika Industri antara lain :

Mengoperasikan, merawat, menginstalasi, menerapkan, dan mereparasi Sistem Elektronika
Wirausahawan di bidang IT, Elektronika dan perbaikan Industri Teknologi
Operator di Perusahaan bidang Elektronika
Perusahaan Elektronika Mitra/pada Instansi Pemerintah, BUMN dan Perusahaan Swasta, seperti PT.BRI, Panasonic, kementrian perindustrian.