Sejarah

Didirikan berdasarkan surat Perjanjian Kerjasama antara Bupati Malang dengan Direktur Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan No.0570ax/C5.4/Kep/KU/2007 Tanggal 25 Mei 2007. Sebagai Pengembangan dari Program Keahlian Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri, dan Teknik Informatika (Rekayasa Perangkat Lunak) yang berasal dari SMK Negeri 1 Singosari yang telah meraih prestasi sebagai Juara Lomba Kompetensi Siswa baik tingkat Propinsi Jawa Timur maupun Tingkat Nasional.

Sebagai awal berdirinya Sekolah terpadu yang direncanakan oleh Pemkab Malang yang nantinya terdiri atas TK Pembina, SD Negeri dan SMP Negeri di kabupaten Malang, dengan menempati Lahan seluas kurang lebih 4,9 Ha. Pendidik dan Tenaga kependidikan serta peralatan semua berasal dari SMK Negeri 1 Singosari dan ditambah dengan peralatan serta fasilitas (Hotspot Internet Akses menggunakan WIFI, Lab.Komputer, dll) baru sehingga lebih lengkap dan memadai.

Di awal tahun pelajaran 2008/2009 mulai Operasional dan menerima siswa baru dengan 3 Program Keahlian yaitu AV,EI dan RPL yang jumlah siswanya 205 orang siswa (6 rombel).Pada 20 maret tahun 2009 pergantian Kepala Sekolah dari Plt. Bapak H.Bagus Gunawan,S.Pd, M.Si ke Kepala UPTD definitive Bapak Drs.H.M. Qodri MP.Sa, yang selanjutnya dibuka lagi 4 program keahlian khusus Informatika (TKJ,MM,ANM dan BC) jadi jumlah seluruhnya ada 7 Program Keahlian. Pada tahun pelajaran 2010/2011 dibuka lagi 1 program Keahlian Elektro (Mekatronika) sehingga lengkap sudah seluruh Program Elektro dan Informatika ada di SMK Negeri 2 Singosari yang berbasis pendidikan elektro dan IT Negeri di Kabupaten malang, sejak 1 Juni 2011 terjadi penggantian Kepala Sekolah Ke Drs.SUHARTO