Gelar Workshop Penelusuran Tamatan, SMK Negeri 2 Singosari Dorong Perkembangan Karier Peserta Didik

Rangkaian workshop sehubungan dengan agenda SMK PK dilanjutkan di SMK Negeri 2 Singosari pada hari Kamis, 4 November 2021. Acara yang diadakan kali ini bertajuk Workshop Penelusuran Tamatan, yang berfokus pada perkembangan karier peserta didik setelah lulus sekolah.

Pada workshop kali ini, Ibu Sumijah, S.Pd., M.Si. selaku kepala sekolah menyampaikan pentingnya melakukan penelusuran tamatan atau sering disebut tracer study guna mengetahui mobilitas alumni. Penelusuran ini akan mengungkapkan seberapa puas seorang alumni terhadap pekerjaannya, pandangan pemberi kerja terhadap kinerja alumni dan yang lebih penting lagi adalah untuk mengetahui seberapa jauh program pendidikan telah mempersiapkan alumni untuk mengembangkan karier lebih lanjut.

Menurut Ibu Sumijah, penelusuran lulusan ini umumnya merupakan aktivitas pada sebuah lembaga pendidikan yang fokus utamanya untuk memperoleh keberadaan atau informasi lulusan yang sudah bekerja atau belum bekerja. Nantinya, informasi tersebut dapat digunakan untuk kebijakan dan tindakan yang memberikan manfaat bagi para lulusan dan bagi pengembang lembaga pendidikan. Beliau juga menambahkan, manfaat dari penelusuran lulusan yaitu diperolehnya informasi tentang relevansi program pendidikan yang diselenggarakan dengan kebutuhan lapangan untuk mengembangkan karier alumni siswa.

Selanjutnya, materi disampaikan oleh narasumber pertama dari Dinas Tenaga Kerja, Ibu Dra. Wahyuning Sri S., M.Si. Beliau menjabarkan beberapa poin penting terkait tracer study yang dapat dilakukan, mulai dari klasifikasi, tujuan, dan manfaat dari mendapat informasi seputar alumni yang sudah bekerja. Klasifikasi tracer study yang dimaksud mencakup perbaikan pengajaran dan pembelajaran, ketersediaan lapangan kerja untuk alumni, hingga akses informasi yang penting untuk memperbaiki program pendidikan yang sudah dan sedang dilaksanakan.

Ibu Wahyuning Sri juga menambahkan tujuan tracer study yang meliputi jumlah dan jenis pekerjaan yang dimasuki alumni secara lokal, regional, maupun nasional. Informasi ini akan digunakan untuk mengetahui sejauh mana para alumni telah menerapkan pendidikannya di lapangan, apa saja tantangan yang dihadapi selama berkecimpung di industri, hingga sejauh mana para alumni berkeinginan melanjutkan studi mereka. Sementara itu, manfaat yang bisa diperoleh dari tracer study adalah mengetahui stakeholder satisfaction sehubungan dengan pengalaman kerja yang akan dievaluasi, mendapat masukan yang relevan tentang kemampuan bersaing di industri, juga meningkatkan hubungan lulusan dan almamater.

Materi pun dilanjutkan oleh Aprilia Kartini, S.Pd. selaku narasumber dari PT. Skynet Lintas Nusantara. Beliau membagikan visi dan misi perusahaan Skynet yang bergerak di bidang teknologi dan informasi, khususnya dalam bidang provider internet. Ibu Aprilia menjelaskan, dengan tersebarnya internet di dunia digital, masyarakat akan mendapat dukungan dalam hal menyelesaikan pekerjaan, meningkatkan produktivitas, beradaptasi, berbisnis, hingga manajemen data.

Ibu Aprilia berkata, Skynet juga menyediakan lapangan kerja baru pada masa new normal ini dengan membuka peluang kerja bagi masyarakat khususnya para lulusan SMK. Beliau juga memperkenalkan beberapa alumni yang memiliki kemampuan dan pengalaman kerja di Skynet. Selain kiprah Skynet yang kualitasnya telah terjamin, perusahaan ini juga membuka kerja sama untuk program magang. Peserta magang akan diajari seputar pemasangan, pengecekan, peredaman, perawatan kabel pada tiang, dengan alat yang lengkap dan prosedur yang aman. Hal ini akan mengantarkan para peserta magang untuk mengembangkan karier di bidang Network Operation Center (NOC), Teknisi Lapangan, hingga Administrasi dan Customer Service.

Acara diselingi dengan tanya-jawab dari peserta workshop terkait kerja sama antara sekolah dan industri. Berikutnya, acara ditutup dengan kesimpulan dari pemateri, dan akan dilanjutkan dengan kegiatan workshop sesuai agenda SMK PK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *